Senin, 03 Desember 2012

Cara Membuat Blog


PENDAHULUAN

Kehadiran blog pada masa ini sangatlah menimnulkan citra baru pada dunia mana ini dimana blog dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topic dan tujuan dari pengguna blog tersebut. Tutorial blog sangat di perlukan karena dengan ini kita semua sebagai pengguna internet dapat mengetahui serta memahami bagaimana cara membuat blog dan tau apa itu yang dimaksud blog. Dengan tutorial ini kita pun dapat memperoleh pengetahun yang sangat luas di dalam dunia maya ini dan khususnya mengenai blog tersebut. Dengan bermacam macam jenis blog yang ada pada internet yang telah disuguhkan untuk kita para pengguna internet, maka kita harus pula mengetahui apa saja macam macam dari blog dan dengan tutorial inilah kita dapat mengetahuinya.
            Manfaat blog sangatlah banyak seperti  Menambah pengetahuan, Kegiatan ngeblog menuntut kita untuk menulis artikel-artikel yang berguna bagi orang lain. Apapun tema blog kita, untuk menulis artikel yang berguna dan informatif sering menuntut kita untuk melakukan research kecil-kecilan untuk mencari data atau fakta yang berkaitan dan mendukung tema tulisan. Dari kegiatan research inilah, kita akan semakin banyak mengetahui hal-hal dan ilmu baru. Menambah teman se hobby Mendapat banyak teman di internet mungkin lebih mudah dilakukan di situs sosial semacam facebook dan twitter. Tapi Mendapatkan banyak teman yang sehobby di dunia blogging terasa lebih menyenangkan. Kita bisa saling berbagi pengalaman blogging, pengalaman hobby tertentu, dansaling membantu.  Membantu orang lain Setiap hari puluhan juta orang di indonesia online menggunakan google untuk mencari artikel, tips-tips maupun info-info terbaru dari berbagai bidang. Jika kita benar-benar menulis artikel yang informatif dan berguna bagi pembaca, otamatis kita telah membantu orang lain memberikan informasi yang mereka cari.  
Menumbuhkan jiwa wirausaha Manfaat blog yang ini yang paling asik. Tentunya bagi kita yang punya tujuan menghasilkan uang dari blog. Dengan mengenal dunia blogging, nantinya secara otomatis kita akan terbawa ke dunia SEO, Internet Marketing, Bisnis online, dan semua hal yang berhubungan dengan pengetahuan untuk menghasilka uang secara online. Bukankah secara tidak langsung hal itu menumbuhkan jiwa wirausaha dalam diri kita. Menyalurkan bakat Kita bisa menyalurkan bakat melalui blogging. Tidak harus bakat menulis. Apapun bakat maupun kecenderungan kita akan suatu bidang, bisa kita wujudkan dalam tulisan-tulisan artikel blog. Hal itu akan menambah wawasan dalam lingkup bakat dan minat. Begitu juga dengan orang-orang yang mempunya bakat dan minat yang sama, kita akan lebih mudah menemukannya melalui blog.
 Menuangkan Ide, pendapat Pernah punya ide-ide segar di otak atau perasaan berkecamuk tentang suatu hal atau isu-isu sosial yang membuat gerah? Well, menumpahkan semua itu dalam sebuah blog membawa kepuasan tersendiri dan membuat lega alias plong. Apalagi ide-ide ,pendapat, maupun pandangan kita dibaca banyak orang. Tentunyamembuat semakin excited karena akan terjadi saling tukar informasi yang bermanfaat disana.  Menghasilkan uang Ini dia manfaat blog yang paling menyenangkan. Kita bisa menghasilkan uang melalui blog dengan mengikuti program-program periklanan,

TUTORIAL CARA MEMBUAT BLOG


1. Sejarah Blog


Blogger sebenarnya adalah sebuah sistem publikasi blog (blog publishing system) yang pada awalnya dibuat oleh Pyra Labs pada tanggal 23 Agustus 1999 dan merupakan sebuah dedicated blog-publishing tool pertama kali yang diperuntukkan untuk membantu mempopulerkan format tersebut.

Pada bulan Februari 2003, dikarenakan kepopulerannya, akhirnya Pyra Labs diakuisisi oleh Google. Akuisisi ini menyebabkan fitur premium yang sebelumnya dikenakan biaya, kemudian berubah 
gratis.

Pada tahun 2004, Google mengenalkan layanan barunya “Picasa”, yaitu sebuah aplikasi untuk mengorganisir dan mengedit 
foto digital. Layanan ini kemudian diintergrasikan dengan utility sharing foto Hello ke dalam layanan Blogger, sehingga memungkinkan seorang pengguna blogger untuk memposting foto-foto mereka ke dalam blog yang dibuatnya.

Pada tanggal 9 Mei 2004, “Blogger” mendesain ulang tampilan utamanya, berbagai perubahan dilakukan di dalam Blogger dengan menambahkan berbagai fitur seperti web standards-compliant template, halaman arsip individu untuk posting, komentar dan posting menggunankan email.

Pada tanggal 14 Agustus2006, “Blogger” meluncurkan rilis terbaru dalam “versi beta” dengan kode “invader”, bersamaan dengan rilis versi Gold. Ini membuat berpindahnya pengguna Blogger ke server Google dan disertai dengan ditambahkannya beberapa “fitur baru” di dalamnya.

Dalam bulan 
Desember 2006, akhirnya versi terbaru Blogger tersebut tidak lagi dalam “versi beta” dan dalam “bulan Mei 2007″, Blogger telah benar-benar berpindah ke server Google.


2. Pengertian Blog


Blog adalah singkatan dari web log yang artinya jenis situs web yang menyerupai tulisan-tulisan pada halaman web, biasanya disusun diurutkan secara kronologis (waktu kejadian) mulai dari postingan yang terbaru berada di bagian atas halaman utama (halaman depan/homepage) diikuti postingan paling lama dibawahnya.

Blog merupakan sebuah catatan online yang dapat di lihat, dibaca , dan dikomentari oleh pengguna internet lainnya seperti halnya dairy atau tempat curhat untuk melepaskan ide, keluhan, informasi yang bermanfaat, catatan pribadi, cerpen dan banyak lainnya.

Blog merupakan media informasi yang sangat membantu pengguna yang membutuhkan informasi, maka dari itu blog memiliki kasta tertinggi dalam tingkatan sosial media karena tugas seorang blogger adalah memberikan informasi yang dapat membantu para pembaca untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan, sehingga Pembaca dapat belama-lama berada di situs kita karena menikmati informasi yang berguna.


3. Jenis-Jenis Blog


Berdasarkan Jenisnya
Online Diary / Online Journal / Personal blog. Blog yang berisi hal – hal seperti pengalaman, opini, atau pendapat pribadi dari blogger yang mempublish-nya. Entah ber-niche atau tidak, satu poin penting dari personal blog adalah jenis blog ini mengandalkan spontanitas dari blogger itu sendiri. Update dilakukan ( bisa berupa update teratur atau tidak ) setiap blogger memiliki “sesuatu” utuk disampaikan via blog nya. Contoh :http://rahard.wordpress.com ( Budi Rahardjo ), http://radityadika.com ( Raditya Dika )
Corporate Blog. Blog yang di publish oleh korporasi. poin pentingnya adalah, blog ini merupakan online representative atau “wajah dari perusahaan” tersebut di ranah internet. BIasanya berkontenkan langkah – langkah yang diambil oleh perusahaan, press realease, konfirmasi terhadap suatu isu tertentu, budaya perusahaan, ulasan mendalam tentang suatu isu yang berkaitan dengan perusahaan, dsb. Contoh : http://ycorpblog.com ( Yahoo! ) ,http://googleblog.blogspot.com ( Google ) ,http://www.boeingblogs.com/randy/ ( Boeing )
Project / Product Blog. Blog yang berisi tentang perkembangan suatu project / product. Baik project / produk tersebut berupa aplikasi web , varian baru dari suatu produk, dsb . konten dari blog jenis ini menampilkan perkembangan atau kabar terbaru dari project / produk tersebut. Contoh :www.ymessengerblog.com ( Yahoo! Messanger ),http://googlechromereleases.blogspot.com ( Google Chrome )

Niche Blog.
 Blog yang kontennya berfokus pada suatu niche atau topik tertentu. Pada umumnya, blog jenis ini membuat ‘blog’ nya menjadi subjek dari post yang dibuat, alias tidak menunjukan karakter dari penulis konten melainkan karakter dari blog itu sendiri. Blog jenis ini merupakan jenis blog yang mudah untuk di monetisasi ( monetisasi = menghasilkan uang ) karena memiliki target pembaca tertentu. 
http://publishedmind.blogspot.com ( Teknologi ), http://navinot.com ( IT in social way )

Berdasarkan Tujuannya

Blog untuk berorientasi personal. Poin – poin yang mencirikan blog jenis ini : niche nya seringkali beragam, dan bahasa yang digunakan subjektif atau berorientasi pada penulis post ( blogger oriented ). http://hermansaksono.com ( Herman Saksono )
Blog untuk Personal Branding. Blog yang dibuat untuk mempromosikan “kapasitas” atau kemampuan dari si pembuat blog / blogger. Ciri – ciri umumnya : membahas niche tertentu, banyak berisi ulasan mendalam, penggunaan bahasa yang formal atau semi formal, dan blog menunjukan karakter si blogger. Contoh : http://muhammadisman.blogspot.com ( Trainer ),http://hermawan.typepad.com ( Marketing Consultant ),http://romisatriawahono.com ( IT Consultant )
Blog untuk Monetisasi. Sering juga disebut, build for adsense, meskipun selain PPC ( Adsense ) ada juga sumber income lainya. Blog yang berorientasi pada pengunjung. informasi yang ditampilkan berorientasi pada pengunjung karena diharapkan blog memiliki banyak pengunjung. banyak pengunjung = high traffic = high clicks = high income. :) . Blog jenis ini pada umumnya sangat memperhatikan aspek – aspek yang menunjang supply traffic untuk blog, seperti aspek SEO, widget social bookmark, dsb dsb.http://problogger.net, http://shoemoney.com
Blog untuk portofolio. Blog yang menampilkan hasil karya dari blogger. pada umumnya blog jenis ini dibuat untuk menampilkan karya desain, fotografi ( photoblog ), dan komik ( comicblog ). contoh :http://chickenstrip.wordpress.com, www.my-photo-blog.com/
Blog untuk katalog. Blog yang kontennya berisikan daftar hal – hal yang menarik untuk blogger. Pada umumnya katalog design, kumpulan link – link, dsb. Contoh : http://bestwebgallery.com, http://cssgallery.com

Berdasarkan Kontennya (Tipe media yang digunakan)

Note: Tipe ini benar-benar adaptasi bebas dari wikipedia. (kecuali copy paste blog, itu saya buat sendiri) Untuk lebih lengkapnya, silahkan langsung berkunjung ke artikel wikipedia mengenai blog
Vlog - singkatan dari Video Blog. Blog yang kontennya berisikan video. Contoh: NotSoGeeky
LinkLog - Blog yang kontennya berisikan kumpulan link. Contoh: Jennifer’s LinkLog
Sketchblog - Blog yang berkontenkan kumpulan sketsa portofolio pemiliknya. Contoh: Kristen’s Sketchblog
Photoblog / Phlog – Blog yang berkontenkan foto. Contoh: Kathleen Connally’s Photoblog
Tumbleblogs - blog berisikan entri text pendek dan kombinasi berbacai media. Contoh: poetsch.org’s tumbleblog
Typecasting Blog – Blog yang kontennya merupakan tulisan yang diketik menggunakan mesin tik / tulisan tangan / notes yang lalu di scan dan dipublikasikan melalui blog. Contoh: Type-Ten.com
Splog - singkatan dari spam blog. Blog berisikan HANYA iklan and nothing else. Terkadang disepipi beberapa konten copy paste. Contoh: Come on, sudah terlalu banyak blog seperti ini. Masa harus di beri tahu?
Blog iklan baris – Blog berisi iklan baris. Iklan, iklan dan iklan. Contoh:http://blogiklanbaris.com/

Blog Copy Paste 
- Blog yang kontennya copy paste dari blog lain. Contoh: Well, sepertinya tanpa saya cantumkan juga anda akan banyak menemukannya ;)

Berdasarkan Device (tools yang digunakan)

Moblog - Blog yang di update menggunakan perangkat mobile. Contoh: Dori’s Moblog

Berdasarkan Genre                                                           

Note: Again, ini adalah adaptasi bebas saya dari artikel wikipedia.
Blog juga dapat di kategorikan berdasarkan genre atau topik yang dibahasnya. Karena blog dapat membahas hampir apapun (bahkan ada juga blog mengenai blog kan? ;) ), maka saya hanya akan mencantumkan beberapa genre saja, seperti yang di cantumkan di wikipedia:
·         Personal Blog – Blog pribadi, tentang seseorang
·         Political Blog – Blog bertopik Politik
·         Travel Blog – Blog berkategorikan travelling, atau panduan travelling
·         Fashion Blog – Blog tentang fashion
·         Music Blog – Blog tentang musik
·         Education Blog – Blog tentang pendidikan
·         ETC. Banyak sekali! Cantumkan saja topik yang di bahas di depan kata ‘Blog’ :D

Berdasarkan Protokol

Note: Idem dengan berdasarkan konten, sourcenya dari wikipedia
Blog – Blog yang berada di jaringan world wide web dan menggunakan protokol hypertext transfer protocol (http). Merupakan singkatan dari weblog: logging the web.
Phlog – Blog yang menggunakan protokol Gopher. Jika “B” dari blog berasal dari kata “Web”, maka “Ph” dari Phlog berasal dari kata “Gopher”. Contoh:Port70 Phlog (gopher link)

4. Manfaat Blog


7 manfaat blog dibawah ini penting untuk diketahui sebelum belajar cara membuat blog :
1. Menambah pengetahuan – Kegiatan ngeblog menuntut kita untuk menulis artikel-artikel yang berguna bagi orang lain. Apapun tema blog kita, untuk menulis artikel yang berguna dan informatif sering menuntut kita untuk melakukan research kecil-kecilan untuk mencari data atau fakta yang berkaitan dan mendukung tema tulisan. Dari kegiatan research inilah,kita akan semakin banyak mengetahui hal-hal dan ilmu baru.
manfaat blog
2. Menambah teman se hobby – Mendapat banyak teman di internet mungkin lebih mudah dilakukan di situs sosial semacam facebook dan twitter. Tapi Mendapatkan banyak teman yang sehobby di dunia blogging terasa lebih menyenangkan. Kita bisa saling berbagi pengalaman blogging, pengalaman hobby tertentu, dansaling membantu.
3. Membantu orang lain – Setiap hari puluhan juta orang di indonesia online menggunakan google untuk mencari artikel, tips-tips maupun info-info terbaru dari berbagai bidang. Jika kita benar-benar menulis artikel yang informatif dan berguna bagi pembaca, otamatis kita telah membantu orang lain memberikan informasi yang mereka cari.
4. Menumbuhkan jiwa wirausaha  Manfaat blog yang ini yang paling asik. Tentunya bagi kita yang punya tujuan menghasilkan uang dari blog. Dengan mengenal dunia blogging, nantinya secara otomatis kita akan terbawa ke dunia SEO, Internet Marketing, Bisnis online, dan semua hal yang berhubungan dengan pengetahuan untuk menghasilka uang secara online. Bukankah secara tidak langsung hal itu menumbuhkan jiwa wirausaha dalam diri kita?
5. Menyalurkan bakat – Kita bisa menyalurkan bakat melalui blogging. Tidak harus bakat menulis. Apapun bakat maupun kecenderungan kita akan suatu bidang, bisa kita wujudkan dalam tulisan-tulisan artikel blog. Hal itu akan menambah wawasan dalam lingkup bakat dan minat. Begitu juga dengan orang-orang yang mempunya bakat dan minat yang sama, kita akan lebih mudah menemukannya melalui blog.
6. Menuangkan Ide, pendapat – Pernah punya ide-ide segar di otak atau perasaan berkecamuk tentang suatu hal atau isu-isu sosial yang membuat gerah? Well, menumpahkan semua itu dalam sebuah blog membawa kepuasan tersendiri dan membuat lega alias plong. Apalagi ide-ide ,pendapat, maupun pandangan kita dibaca banyak orang. Tentunyamembuat semakin excited karena akan terjadi saling tukar informasi yang bermanfaat disana.
7. Menghasilkan uang – Ini dia manfaat blog yang paling menyenangkan. Kita bisa menghasilkan uang melalui blog dengan mengikuti program-program periklanan

5. Penyedia Layanan Blog Gratis


Ni ada 10 website yang menyediakan layanan blog gratis(free blog hosting)



Itulah 10 website yang menyediakan layanan pembuatan blog tanpa biaya atau gratis.


6. Cara Membuat Blog di Blogspot


1.      Untuk memulai mendaftar blog di blogspot silahkan kunjungi alamat situs  www.blogger.com, setelah itu cari tombol Sign up (daftar) yang ada di pojok kanan atas, seperti gambar di bawah ini
2.      Setelah tombol sign up diklik, nanti akan muncul aplikasi pendaftaran pembuatan akun gooogle, seperti gambar di bawah ini. Silahkan lengkapi aplikasi tersebut.
3.      Setelah kamu klik pada tombol next, akan ditampilkan perintah verifikasi akun, silahkan masukan nomor ponsel kamu. Kemudian klik tombool Send Verifikation Code. Nanti kamu akan mendapat sms dari google yang berisi  kode aktifasi.
4.      SMS kode verifikasi dari google ke ponsel kamu 
5.       Masukkan kode verikasi sms di atas pada kolom yang tampil, seperti gambar di bawah ini. kemudian klik tombol Verify
6.      Jika langkah sebelumnya berhasil, kamu akan menjumpai halaman seperti gambar di bawah ini. Untuk menambahkan foto silahkan klik add profile photo,  jika ingin langsung ke langkah selanjutnya silahkan klik tombol Next Step.
7.      Selanjutnya akan tampil halaman seperti gambar di bawah ini. Ini merupakan tanda bahwa kamu telah memiliki sebuah akun google  berupa alamat email yang bisa digunakan untuk login ke Gmail.com danblogger.com, selanjutnya silahkan klik tombol Back to blogger.
8.       Jika melihat halaman seperti gambar di bawah ini abaikan saja , biar lebih cepat dalam membuat blog. SIlahkan klik tombol lanjutkan ke blogger
9.      Setelah itu kamu akan masuk ke halaman utama Dashboard blogger. Di dashboard ini kamu bisa membuat blog, menulis posting, mengatur tema dan lain-lain.  Untuk membuat blog pertama kali klik tombol Blog Baru.
10.  Setelah tombol blog baru diklik, akan muncul  jendela pembuatan blog.  Pada bagian Judul isi  Judul blog kamu, pada bagian Alamat isi dengana alamat blog yang kamu inginkan. Pada template, pilih salah satu template yang kamu inginkan.  Kemudian klik tombol buat blog
11.  Setelah langkah-langkah di atas, blog kamu sudah berhasil di buat.  Untuk menulis posting silahkan klik tombol Pensil, sedangkan untuk melihat tampilan blog yang masuk kosong (belum ada artikelnya) silahkan klik tombol lihat blog.


































PENUTUP


1.      Kesimpulan

Jadi blog Blog merupakan sigkatan dari “Web log” adalah salah satu aplikasi web berupa tulisan-tulisan yang umum disebut sebagai posting pada halaman web. Tulisan-tulisan tersebut seringkali diurut dari yang terbaru dan diikuti oleh yang lama.
 Kita dapat mengetahui bangaimana cara membuat blog yang baik dengan memoelajeri jenis-jenis serta cara membuat blog. Beberapa layanan penyedia pembuatan blog sevara gratis dengan mudah dapat kita manfaatkan.

2.      Saran    

Jadi sebelum membuat blog ada baiknya kita mengetahui dahulu asal mula blog serta jenis-jenis blog. Kemudian pelajari juga jenis-jenis dan asal mula blog. Kamu dapat mengambil referensi dari internet atau contoh-contoh blog
Membuat blog yang baik adalah memiliki nama yang mudah diingat dan focus pada satu bidang saja. Jangan terlalu mepostkan hal-hal yang tidak enak dibaca karena akan menimbulkan masalah.
Sebaiknya mempostkan blog mengenai hobi, pekerjaan, atau pengalaman sehari-hari, serta minat dan bakat yang kamu miliki.






5 komentar:


  1. When you are looking at specific styles of ItalianReplica Rolex Watches Replica Handbags Service you should keep in mind the reason that you are buying the designer Replica Handbags UK to begin with. Perhaps you are looking for an attaché case or a briefcase to carry with you to work or maybe you are looking for a stunning Italian bag that doubles as a diaper bag. Or maybe yet you have a black tie event that you are going to that you need a fabulous Italian leather clutch to carry withReplica Handbags. No matter what the reason, ItalianFake Louis Vuitton handbags are a great way to show off your trendy style while still being functional

    BalasHapus
  2. Do you need free Facebook Likes?
    Did you know you can get these AUTOMATICALLY AND TOTALLY FOR FREE by getting an account on Add Me Fast?

    BalasHapus