Kamis, 11 April 2013

Mindset of Logistic After Visiting MSA Cargo at Cengkareng


MINDSET OF LOGISTIC AFTER VISITING MSA CARGO SOEWARNA, CENGKARENG

Setelah mengunjungi MSA Cargo Soewarna, Cengkareng pada tanggal 10 April 2013, banyak sekali ilmu dan pengalaman yg saya dapat mengenai logistik. Ternyata logistik itu bukan hal yang sepele, Logistik merupakan objek penting yang tanpa kita sadari hampir setiap hari nya ternyata kita menggunakan logistik. Mungkin kita memang tidak menyadari tentang keberadaan logistik, tetapi seperti kita tahu bahwa baju dan celana yang kita pakai, makanan dan minuman, perabotan rumah tangga yang digunakan, bahkan setiap konser yang diselenggarakan ( peralatan konser ) di manapun pasti membutuhkan logistik. Tanpa ada nya logistik, semua barang-barang tersebut tidak akan sampai ke tangan kita begitu juga apabila tidak ada logistik, konser pun tidak akan bisa terlaksana. 

PT. Monang Sianipar Abadi atau MSA Cargo ini merupakan perusahaan freight forwarding terkemuka di Indonesia. MSA Cargo melayani customer di bidang Air dan Sea Cargo baik ekspor maupun impor. Di MSA barang yang di packing adalah baanga-barang :
1. General cargo atau barang biasa seperti garmen,televisi, baju,sayur,ikan dll.Biasanya ikan di packing oleh customer,MSA hanya me re-packing.
2. DGR Packaging biasanya untuk barang impor.


  • MSA mempunyai hubungan dengan pihak ke 3 agar dapat mengirim dengan berbagai moda transportasi (trucking). 
  • MSA belum memakai sistem barcode dikarenakan masih menggunakan pengawasan bea cukai sehingga sistem barcode tersebut belum diterapkan di MSA.
  • Di MSA dalam pengawasan TPS (Tempat Penimbunan Sementara) selalu ada pengawasan dari bea cukai dan setiap bulannya harus ada laporan mengenai keluar dan masuknya barang dari MSA. Laporan tersebut ditujukan kepada pihak Bea Cukai.
  • Kapasitas fasilitas Airlines dan MSA sebenarnya sama, tetapi di MSA di tambahkan berbagai service (jasa) yang lebih mendukung ketertarikan konsumen seperti salah satunya bebasnya biaya pemakaian forklift.
  • Pada saat ada barang masuk, harus meminta izin pada Bea Cukai terlebih dahulu lalu Bea Cukai akan melakukan pengawasan.
  • Barang apasaja dapat masuk ke gudang tetapi harus memenuhi syarat airlines dan memenuhi standart fasilitas yg disediakan oleh MSA. Seperti Ice Cream membutuhkan pendingin.
  • Pembayaran biaya penimbunan sementara itu di hitung berdasarkan lamanya waktu penitipan dan beratnya barang-barang tersebut.
  •             Perbedaan kurir dan kargo :
    1. Kurir : Jasa penitipan. Kurir menyiapkan barang yang siap di berangkatkan dan tidak perlu penanganan khusus.

    2. Kargo : Merupakan jasa pengiriman yang perlu penanganan khusus.
     ·   Apabila terjadi kerusakan barang yg terjadi pada saat di lini 1, maka MSA akan mengirimkan surat pernyataan bahwa terjadi kerusakan pada saat di pihak airlines.
     ·    Tetapi apabila terjadi kerusakan barang pada saat di MSA maka pihak MSA akan mengganti kerugian berdasarkan keinginan konsumen, apakah berupa barang yang sama ataukan dalam berbentuk uang.

2 komentar:


  1. Now, you can get all these classic designs Replica Rolex Watchesand more designer vintage Replica Handbags Service online. In the last few years, there has been a very good increase in the number of online Replica Handbags UK stores. While some of these are stores that house products from multiple brands, there are also stores dedicated to a particular brand. A lot of theseReplica Handbags websites have actually been started by dealers, distributors and resellers of different brands from all over the world. The reason why these people are now turning more towards the online medium is because it helps to give a global platform to one's business, so that new Fake Louis Vuitton handbagsmarkets can be touched, and global clients or customers can be attained.

    BalasHapus
  2. Okay then...

    What I'm going to tell you may sound pretty weird, and maybe even kind of "out there"....

    HOW would you like it if you could just hit "Play" to listen to a short, "magical tone"...

    And magically attract MORE MONEY to your LIFE???

    What I'm talking about is thousands... even MILLIONS of DOLLARS!

    Sounds way too EASY??? Think this couldn't possibly be for REAL?!?

    Well, Let me tell you the news..

    Usually the most magical miracles in life are also the SIMPLEST!

    In fact, I will provide you with PROOF by allowing you to listen to a REAL "miracle abundance tone" I developed...

    And TOTALLY FOR FREE

    You just hit "Play" and watch money coming right into your life. starting pretty much right away.

    GO here to PLAY the magical "Miracle Wealth Building TONE" - it's my gift to you!

    BalasHapus