Kamis, 22 Januari 2015

Summary Seminar Nasional HM Log (Himpunan Mahasiswa Logistik)

Summary Seminar
Himpunan Mahasiswa Logistik
Sekolah Tinggi Manajemen Transportasi Trisakti
“Integrated Supply Chain Management From The Point of View Customer Relationship Management And Sales Marketing”

Speaker : Bpk. Hadi Kuncoro

Proses yang paling terakhir dalam Supply Chain Management adalah Return / Reverse Product dimana hal ini dapat terjadi apabila :
  1. Akibat Kerusakan Barang
  2. Kecacatan Barang

Kedua hal diatas dilakukan oleh customer dengan mengembalikan produk atau barang yang telah dibeli dari supplier dikarenakan barang tersebut membutuhkan perbaikan ulang.

Dalam dunia logistik, teknologi sangatlah penting untuk mendukung semua aktivitas logistik agar lebih efektif dan efisien. Oleh karena itu, tidak cukup kita hanya memahami logistik, tetapi teknologi pun juga harus dipahami.

Kemudian dalam hal informasi, ini merupakan point yang penting dalam feedback dari customer, oleh karena itu perlu di tingkatkan.

Dalam Supply Chain, kita mengenal 2 aliran :
  1. Upstream Supply Chain, membicarakan tentang pengendalian raw material seperti (vendor, negosiasi, procurement).
  2. Downstream Supply Chain, pendekatan kepada konsumen dari awal produk dibuat.
Distributor digolongkan menjadi 2 bagian, yaitu :
  1. Nasional Distributor : Distributor ini penetrasi nya lemah
  2. Multi Distributor : Distributor ini penetrasinya kuat 
    Supply dan Demand sama-sama penting maka harus diseimbangkan untuk menghindari opportunity cost. Demand meliputi Demand Forecast dan Actual Order, sedangkan Supply meliputi Inventory, Supply Order, Resources/Capacity.

Beberapa kriteria wajah Supply Chain Expert :
.    Mempunyai karakter wajah seniman (biasanya untuk menangani       orang-orang sales, marketing).
.      Mempunyai wajah scientist
.      Mempunyai wajah orang finance
.      Mempunyai wajah Supply Chain

Kemudian perbedaan dari Sales dan Marketing sendiri adalah bahwa hubungan sales dengan konsumen hanya sampai proses transaksi jual beli, setelah itu sales tidak bertanggungjawab lagi menjaga hubungan baik dengan konsumen. Sedangkan hubungan marketing dan konsumen harus tetap terjaga dari mulai sebelum transaksi, sampai setelah transaksi untuk menjaga loyalitas pelanggan.

Sebuah perusahaan tidak bisa berhasil memenangkan persaingan pasar jika hanya mengandalkan sales. Dan sales tidak akan tercipta dengan baik jika  tanpa didukung dengan strategi marketing yang baik. Setiap perusahaan bisa melakukan penjualan, namun belum tentu setiap perusahaan mampu merencanakan Strategi pemasaran yang mampu memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumennya.






1 komentar:

  1. Kedua hal diatas dilakukan oleh customer dengan mengembalikan produk atau barang yang telah dibeli dari supplier dikarenakan barang tersebut membutuhkan perbaikan ulang. locket necklace wholesale france , locket necklace wholesale uk

    BalasHapus